Monday, October 31, 2011

Penyakit Hilang, tapi Kesakitan Datang.

Bukan bermaksud ngeluh atau apa. Tapi cuma pengen share buat mereka yang mau dilaparoskopi. Laparoskopi ini bukan ilmu baru sih, tapi teknik operasi yang gak semua dokter bisa. Terutama karena untuk menggunakan alat laparoskopi ahli-ahli harus sekolah lagi.

Anyway, I'm not gonna talk about how laparoscopic procedure being done, or what medicine should we take before doing so, u just can simply google it. But, I'll tell u about laparoscopy by my point of view as a patient.

Setelah 1 minggu sebelumnya aku kesakitan sampai menggigil pas haid, akhirnya Kamis, 27 Okt, aku periksa lagi ke papa. Rencana papa buat laparotomi ternyata gak jadi, karena ngeliat ukuran kista yang kecil. Gak sebanding ama resikonya. Akhirnya papa hubungin temennya di Medan, dr. Ichwanul Adenin, SpOG, dan direncanakan untuk laparoskopi terapeutik di hari Sabtu di RS Stella Maris.

Sabtu, tanggal 29 Oktober 2011 ( 2 hari lalu), aku dilaparoskopi dengan diagnosis kista endometriosis 2cm, dengan sangkaan perlengketan tuba falopii. Operasi jam 1 siang. Dari jam 7 pagi aku udah puasa gak makan apa-apa lagi. Stres cuma sedikit, tapi segera hilang karena aku percaya aku bisa sembuh. Jam 12lewat aku diantar ke ruang operasi. Sampai di ruang operasi, aku dipasang alat-alat yang terhubung ke monitor. Sialnya karena aku gak bawa kacamata (emang gak boleh juga), aku gak bisa ngeliat monitor. That room, was the coldest room ever, it's beyond freezing. Kuku jadi biru, aku jadi ngeri. Aku minta ama perawat di sana kain untuk nutupin tangan en jari-jari aku.

Dokter anastesi datang, beliau ngajak aku ngobrol, orangnya baik banget, tapi aku gak kenal. Belakangan aku tau kalo namanya dr.Samsul, SpAn. Duh, gak sempet bilang makasih. Awalnya aku mau anastesi GA (general anasthesia/bius total) aja, karena takut sakit kalo di Spinal. Tapi dia berhasil yakinin aku buat Spinal aja. Akhirnya aku nurut, walopun stres karena udah kebayang bakal sakit banget. Ternyata ENGGAK SAKIT loh! Hebat! Aku langsung lega bangeet. Kaki mulai hangat, kebas, dan mati rasa. Kaki jadi gak bisa diangkat, dan aku sempet ngeri. Separoh badan jadinya mati rasa. Aku sempet terasa waktu mereka tarok alat-alat di badan, en waktu mereka ngarahkan kaki aku biar terbuka bener. Setelah itu..aku gak ingat apa-apa lagi.

Pas bangun, yang aku rasa cuma kesakitan banget di perut. Aku raba perut ada 4 plester di tempat berbeda. Aku inget yang pertama kali aku bilang ke perawat yang ada di sana itu "aduh sakit kali, mana analgetiknya?". Hahaha. Memang nyeri itu bisa bikin kita bangun ya. Setelah aku sadar gitu, langsung perawat lain bawa aku keluar ruangan, en disambut ama perawat dari ruang rawatan. Di luar udah ada Eja, mama, en yang lain nungguin aku. Tapi yang aku bilang cuma.."aduh,,sakit kali ini, Ika mau analgetiknya". Trus, aku coba ngumpulin sisa-sisa kesadaran, dan tetep nanyain mana ini penghilang nyerinya. Rasanya sangat sesak, karena memang laparoskopi itu akan memasukkan udara ke perut kita, untuk memperluas lapangan pandang operasi. Jadi sebagian udara masih ada di perut rasanya. Setiap gerak, perut seperti ketarik, dan itu sakiiiit banget.

Malamnya aku belum bisa kencing, akhirnya dipake kateter lepas. 4jam kemudian baru bisa pipis sendiri, tapi nyeri. Dari malam sampai pagi, aku pipis per 2jam. Kasian Eja harus dibangunin trus karena mesti ngantarin aku ke kamar mandi sambil pegang infus. Setiap pipis pasti nyeri. Pasti aku kena' ISK (Infeksi Saluran Kemih) nih. Bener aja, besoknya aku demam tinggi.

Oke, jadi penyakitnya hilang, kesakitannya datang. Nyeri post OP ini emang sakit banget. Mirip ama nyeri waktu dulu aku habis operasi usus buntu, tapi kali ini dengan 4 luka di 4 tempat berbeda.

Apapun itu, aku bersyukur karena kista berhasil diangkat, en tuba aku udah gak ada perlengketan lagi. Coba kalo kemaren haid gak nyeri banget, pasti aku gak bakal peduliin. Dan bisa aja ini penyakit makin luas dan parah. Kata dokternya, aku bisa hamil spontan / alamiah kok, karena tubanya udah bagus sekarang, kistanya udah gak ada lagi. Semoga iya, amiiiin.

*notes
•RS Stella Maris adalah RS pertama di Medan yang ada IVF (bayi tabung) programnya. RS ini khusus untuk ibu&anak, dan kalo mau melahirkan di sini harus pesan 1 bulan sebelumnya. Pelayanannya bagus. Perawatnya juga ramah dan cantik-cantik. Yang melahirkan di sana banyak. Selama aku di sana aja, udah ada sekitar 20 bayi yang seliweran dibawa ke tempat ibunya dirawat. So, bayangin aja gimana perasaan aku pas pulang RS, tapi gak bawa bayi. Yang liat juga pada heran. Karena pasien lain pulang sambil gendong bayinya.

•Biaya laparoskopi itu mahal. Dan aku diuntungkan karena aku dokter, dan yang ngoperasi juga temen papa, akhirnya biaya dokter gratis. Tapi biaya laparoskopinya enggak sih.. RS ini emang mahal. Sebagai ilustrasi, untuk SC aja, dengan kamar VIP, bisa total 20juta. Apalagi ini laparoskopi. Berbahagialah mereka yang gak harus sakit.

• Selama aku terbaring kesakitan gini, sampai sekarang, yang kebayang ama aku adalah wajah teman-teman lain yang bisa hamil dengan gampangnya. Bahkan ada yang keguguran, trus segera hamil lagi. Aku langsung sakit hati. Mereka nasibnya bagus, gak sakit, en gak kesakitan kayak aku. Dan di ujung dari sakit hati itu, tersisa pertanyaan "kenapa aku, ya Tuhan?" Tapi ada yang bilang bahwa sakit itu adalah ujian, juga ada yang bilang sakit itu adalah anugerah, biar kita bisa selalu bersyukur. Aku sangat bersyukur keluarga aku baik, mertua baik, sangat suportif, sangat peduli, dan gak nyalahin aku yang punya penyakit gini. Belum tentu juga mereka yang punya anak itu juga dikasih keluarga en mertua yang baik banget gini..

• Semoga masa penyembuhan ini bisa cepet. Biar aku bisa aktivitas kayak biasa lagi. Sekarang jalan masih susah, tidur gak nyenyak karena takut digerakin jadi sakit, makan juga belum selera. Semoga bisa cepet sembuh. Semangat, Ika!

No comments: