Monday, February 20, 2012

Usaha Punya Keturunan


Okay, postingan kali ini aku dedikasikan buat perempuan yang pengen hamil, tapi takut untuk mencari pengobatan, en lebih milih pasrah.

Jadi gini, 1 tahun setelah nikah dan belum juga dikaruniai keturunan, aku mulai USG. Suami mulai analisa sperma. Sama-sama dicek, apa yang salah, apa ada kelainan. Hasilnya : aku ada kista endometriosis dengan ukuran ±4 cm. Letaknya di atas rahim, dekat dengan tuba/ saluran telur. Suami, udah dianalisa sperma, dengan hasil : Teratozoospermia, yang artinya bentuk sperma sebagian besar abnormal. Pada tahap ini, kami sama-sama kecewa. Karena kalo aja hanya salah satu dari kami yang bermasalah, tentu lebih sedikit yang diperbaiki. Tapi karena ini kami berdua..yah, harus sama-sama mulai pengobatan.

Aku disuntik Entrolin 3x dalam 3 bulan. Sakit, dan aku emang gak suka disuntik. Suami minum Aprovit 1 bulan. Seiring waktu berjalan, aku tetap kesakitan saat haid, haid tetap tidak teratur, dan tetap tidak ada tanda kehamilan. Aku diterapi dengan Profertil tiap bulan, diminum di hari 3-5 haid. Suami mulai mengkonsumsi Provigor, dan Becom zet. Ini saran aku sendiri, karena setelah cari tahu sperma akan baik bila diberikan antioksidan, dan zinc. Bulan September 2011, suami analisa sperma lagi, dan Alhamdulillah sperma normal. Aku seneng banget. Berarti ini PR tinggal di ngurusin aku aja. Makin optimis.

Oktober 2011, gak disangka-sangka aku sangat kesakitan waktu haid. Sangat sakit sampai aku keringat dingin, dan obat penghilang nyeri yang paling tinggi pun gak mempan. Akhirnya aku out of nowhere bilang ama mama, kalo aku mau dioperasi. Setelah diUSG, besar kista 4cm, terlalu beresiko untuk operasi besar/laparotomi. Setelah berunding, akhirnya 2 hari kemudian aku berangkat ke Medan, untuk selanjutnya dilaparoskopi operatif di RS Stella Maris.

Cerita tentang laparoskopi juga ada di blog ini. Silahkan kalo mau baca.

Selesai laparoskopi (LO), bulan November aku haid, udah gak sakit lagi. Desember haid lagi, lebih cepat dari jadwal, en tetap gak sakit. Januari 2012, aku telat haid 2 minggu. Setelah di USG, Alhamdulillah aku hamil 5 minggu. So, usaha kami, doa kami, didengarkan Allah.

Nah, itulah. Kita yang harus berusaha, gak boleh pasrah, coba segala kemungkinan. Pengobatan zaman sekarang sudah sangat canggih. Kita bukan lagi 'generasi pasrah' yang hanya berpangku tangan nunggu rezeki jatuh dari langit. Kita generasi jemput bola, jemput rezeki itu dengan usaha maksimal. Aku sudah bikin timeline dengan suami, kalo 3 bulan setelah LO aku gak hamil, kami akan langsung switch ke Inseminasi. Kalo sampai umur 28th aku juga belum hamil, kami akan bayi tabung. See, we have to plan it all. Walaupun nantinya Allah yang menentukan.

Sakit? Emang, sakit banget. Suntik 3x, itu sakit. Hidrotubasi, sakit banget, aku sampai perdarahan karena terlalu stres. Pasca LO, lebih sakit lagi, gak bisa jalan, tidur harus miring. Tapi semua itu terbayar dengan melihat si calon baby di USG, sekarang besarnya masih 1cm, umurnya masih 7 minggu. Tiap minggu aku USG, just to make sure the baby is still there. :))

So, take ur time. Rencanakan uangnya. Rencanakan waktu untuk fokus berobat. Seperti yang udah berulang-ulang kali aku bilang di sini, usaha itu porsi kita, selanjutnya terserah Allah. Kalau ada yang mau tanya-tanya, ya boleh. Aku seneng banget kalo cerita sukses ini bisa jadi semangat buat yang lain.

Sakit, takut, marah, ngerasa hidup gak adil, ngerasa dunia seakan menghakimi, nangis berguling-guling saat tau temen yang baru nikah udah hamil, aku udah pernah ngerasa semua. Aku bisa aja milih untuk jadi depresi, down. Tapi aku milih buat usaha terus, usahaaa terus, usaha-doa, usaha-doa, sampai membuahkan hasil kayak sekarang.

Jangan tunda cari pengobatan. Rezeki pasti ada aja. Percaya deh. :D

GOOD LUCK!

6 comments:

Feny Oktaviani Santoso said...

aq jadi semangat setelah baca tulisan mba.
jadi pengen memberanikan diri dan lebih serius dalah pengecekan yang ada di aq sama suami.
awal2 pengen punya baby cuma pengen2 doang, tapi pengen doang itu gak membuahkan hasil tanpa dibarengi usaha dan doa.

dan kami juga belum coba vitamin ini dan vitamin itu.

Semoga saja bisa nyusul mba'nya punya dede bayi :)
Aamiin

Ika fairuza said...

AMIIIN! Manusia emang porsinya hanya berusaha, keputusannya tetap di tangan Tuhan. Semangaaat yaaa!!

Harry WIjaya said...

Wah alhamdulillah sekali yah bun... Saya juga udah menikah selama 1,5thun blm dikaruniai baby... Saya dan suami sama2 kerja... Dan sya baru promil kemarin... diberi dokter santa e400. Ovacare. Suami diberi dokter oligocare dan aprofit. Doakan ya bun supaya aku bisa cepat hamil... Amin...

ika fairuza said...

Amiiinn.. Semoga usahanya dimudahkan dan dilancarkan yaa. Selamat berjuang.

Unknown said...

Suntikn Entrolin itu fungsix buat ap Mba,??

BerjuangHamil said...

Assalamualaikum mba ika... Mohon info lebih detail mengenai terapi sperma suami nya ya... Kebetulan suami jg mengalami kasus yg sama yaitu teratho.. Dan baru diresepin dokter aprophit diminta utk kosumsi 2 bulan, dan konsumsi nya baru mulai hari ini.

Sewaktu minum becom z dan provigor apakah aprovit nya ttp lanjut???

Brp lama waktu konsumsi becom z dan profigor hingga Analisa sperma yg hasil nya jd normo???

Mohon info ya mba... Jazakillah khair