Friday, October 21, 2011

Bersikap Profesional

Hari ini kami ada pertemuan sesama CPNS. Aku yang baru pulang pelatihan gak tau masalah, tiba-tiba diajak kumpul. Ya ayok aja sih.

Ada beberapa yang dibahas. Terutama tentang sikap, etika, bla bla bla bla, yg ribeeet banget. Sebagai orang yang menjunjung tinggi profesionalisme, pesan aku cuma sedikit aja buat mereka "jangan terlibat secara emosional, dan selalu bersikap profesional"

Tau gak apa yang paling bikin orang yg sirik ama kita tuh, jd kesel banget? Jawabannya, kalo dia liat kita tetap senyum ramah baik-baik aja, walopun dia udah nunggang nungging ngomongin jelek-jelek tentang kita.

That's what I did all the time. Aku tau mereka habis ngomongin jelek tentang aku, aku sakit hati juga. Tapi di depan mereka aku tetap ramah, tetap senyum, tetap tanggapin. Gak akan pernah sedikitpun aku kasih mereka kepuasan karena udah jahat ama aku. Mereka ngomong jahat ke aku, aku ketawain. Aku bilang Alhamdulillah. Hahaha.

So, itu yang aku bilang ke mereka. Hak kita buat marah, capek, kesel, malas, bosan, en pengen istirahat. Hak mereka juga untuk kasih komentar jelek, ngomongin di belakang, biarin. Selama mereka gak nyentuh kita, gak jambak rambut kita, gak ngelempar kita pake sepatu, cuekin aja. Ketawain aja. Kalo kita terpancing, ikutan marah, mereka bakal puas.

Ada orang-orang yang memang hidup dari konflik. Adrenalin terpacu kalo udah berhasil ngomporin orang lain. Orang-orang kayak gini didengerin aja pake kuping kanan, tapi habis itu keluarin lagi dari kuping kiri. Habis energi, waktu, en mood jadi jelek kalo semua hal terlalu dimasukin ke hati.

Bukan muna', dulu aku resign dari 3 tempat kerja karena ngerasa kesal ama pasien yang demanding banget. Itu karena aku terlalu terlibat secara emosional. Sejak itu aku belajar untuk menebalkan hati, membiasakan diri belajar profesional. Orang akan lebih suka pada mereka yang bisa manajemen konflik, dibanding orang reaktif, yang marah dulu baru mikir.

So, that's what happen today. Still, tomorrow I'll give them my best smile. It will hurt them most. Trust me.

No comments: