Sunday, November 17, 2013

Jampersal? Tabulin?

Kali ini saya mau share tentang Tabulin vs Jampersal. Ada yang pernah dengar jampersal kan? Ini program pemerintah khusus ibu hamil dan persalinannya. Jadi intinya, pemerintah menanggung 4x pemeriksaan kehamilan, persalinan normal ataupun operasi, dan 4x pemeriksaan nifas, beserta pemasangan KB. Semula tujuan pemerintah untuk menekan angka kematian ibu dan bayi tapi ternyata malah bikin ledakan angka kelahiran. Well well well, apa yang salah? 

Ternyata, karena gratisan gini mau hamil, lahir, dan bersalin, maka masyarakat jadi 'lepas tanggung jawab' sebagai orang tua. Punya anak jadi gampang aja, karena pas lahiran ada pemerintah untuk bayarin. Tapi..apa itu yang dinamakan SIAP sebagai orang tua? Yang bikin anak siapa..yang nanggung biayanya siapa.. Jampersal ini gak sama dengan asuransi ya. Siapapun bisa pakai jampersal asal lagi hamil. Gak perlu keluar biaya sedikitpun! Gratis! Cuma modal KTP aja. Berlaku di seluruh Indonesia. Tapi ya itu tadi, apa gak malu tuh, kita yang mau punya anak, kok malah pake uang negara untuk bayarin?

Nah, makanya ada Tabulin alias Tabungan bersalin. Ini tabungan mandiri oleh si calon ortu, sebagai persiapan kelahiran nanti. Sebagai gambaran biaya, persalinan normal sekitar 1-5juta baik di bidan maupun di RS. Kalo operasi sekitar 15-30 juta. Sebaiknya, kita siapkan dana untuk jumlah operasi, karena gak ada yang bisa menjamin persalinan akan lancar. Tabulin bisa dimulai sejak merencanakan kehamilan loh. Dan ingat, anak itu kan gak langsung lahir, ada sekitar 9bulan waktu persiapan untuk kelahirannya. Ini sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadap anak. Kalau kehamilannya sudah direncanakan dengan baik gini, insyaAllah kita gak bingung lagi waktu anak lahir nanti.

Silahkan menghitung sendiri besarnya Tabulin. Ayo ayo, kalo mau jadi ortu yang baik, persiapannya harus baik juga.

No comments: