Saturday, March 24, 2012

Movie Review : The Raid

Well, kalo untuk prestasi The Raid, trus cast, ama sutradara, en semua detail tentang filmnya, kalian bisa google dan keluarlah seabrek-abrek info lengkap tentang itu. Tapi yang bakal aku ceritain di sini adalah pengalaman aku selama nonton The Raid.
The Raid itu intinya sekelompok tentara elit jago tembak semua, rencananya mau nyerang satu apartemen yang isinya orang-orang bejat semua. Di lantai paling atas ada si bos besar. Sial banget, belum nyampe lantai atas, udah ketauan. Akhirnya pasukan jagoan kita jadi bulan-bulanan penghuni apartemen neraka ini. Bayangin Spartan di 300, yang mesti lawan 30.000 tentara lawan, gitu juga para jagoan kita yang harus ngelawan musuh yang fasih banget nembak, ngebacok, ngegolok, en jurus silat sakti. Satu apartemen itu loh, lantai demi lantai. Damn. Damn.
Kalo aku bilang sih nih film tega banget. Bukan, bukan karena tanpa babibu langsung nancepin pisau ke perut en dada orang. Bukan juga karena 5 menit pertama film udah diisi adegan yang bikin jantung mencelos. Tapi karena nih film cuma ngasih 10 menit buat penonton narik nafas, sisanya nahan nafas..liat aksi jagoan kita, Ram, usaha banget biar survive lantai demi lantai di Apartemen Neraka ini. *read the synopsis first ya* (‾⌣‾)♉
Ekspektasi aku pas nonton The Raid setelah denger betapa banyak yang muji-muji nih film, jelas tinggi banget. En ternyata bener, bahkan nih film ngelampauin bayangan aku sebelumnya. Pengalaman nonton The Raid lebih mendebarkan dibanding naik roller coaster di USS. Aku sampai narikin baju Eja tiap kali liat anak mudanya hampir kalah. En musuhnya susaaah banget dikalahin. Itulah, di film ini gak ada tuh pura² ketonjok, trus mati. Blah. Musuhnya jagooo' semua. Bahkan tukang racik narkoba aja jago banget silatnya. Tukang racik narkoba modal sendal jepit en celana pendek aja jago banget silat, sampe berkali-kali ditendang gak mati-mati juga. Ih, aku dengan begonya malah kirim doa supaya jagoan kita ini bisa ngalahin. En akhirnya setelah tonjok sana-sini, tendang depan-belakang, jurus silat pamungkas udah keluar, akhirnya mati juga. *narik nafas lega*
Tapi, yang paling berkesan buat aku justru Mad Dog. Mad Dog ini pengawal si bos mafia. Yakin seyakin-yakinnya kalo kalian habis nonton ini, pasti yang diingat ya si Mad Dog ini. Bayangan aku sebelumnya, Mad Dog tinggi besar, berotot, item, botak, suka ngeludah. But, no no no, jangan ketipu ama penampilan Mad Dog yang ala tukang bakso keliling. Jago'nyaaaa luar biasa!! Chuck Norris gabung Jet Lee gabung lagi ama Iron Man, belum bisa ngalahin nih Mad Dog. Pake tangan kosong tapinya ya, hehehehehe. Seperti kata Mad Dog, "baru terasa gregetnya (kalo pake tangan kosong)". En satu lagi, kalo kalian kira John McLane di Die Hard susah banget dikalahin, tunggu sampe lu liat Mad Dog di TheRaid. Gilaaaaa!! Keren banget Mad Dog. Bukan mukanya, bukan rambutnya, bukan bisepsnya, tapi cara ngomong en berantemnya. Perfect cast! En kalo kalian liat siapa fight choreographernya, ya si Yayan Ruhian, pemeran Mad Dog ini. Apa gak nyahud banget tuh adegan silat? Sampe sekarang aja masih kebayang. Oh, Mad Dog, aku padamu!!
Emang harus aku akuin, di The Raid ini, semua dialog en akting Ray Sahetapy yang paling juara! Gak perlu silat sakti mandraguna. Modal singlet, pisau, pistol en kapak aja udah bikin si bos mafia ini nakutin banget. Aduh duh, yang paling meyakinkan pokoknya. Kalo aku ketemu orang kayak si bos ini di luaran, bakal pura² jadi patung, en doa banyak² semua dia gak notice. Hahahha!! Duh, hebat banget mah Ray Sahetapy. Tiap kata dari mulutnya itu horor. Tiap tindakannya itu teror. Tapi makannya indomie telor. *beneran loh*
Kalo ada yang bisa aku kritik dari film ini, mungkin endingnya. Terlalu biasa untuk film yang udah bikin jantung en nafas naik turun sepanjang film. Dan masih ngegantung juga. Tapi emang The Raid disiapkan untuk Trilogy. Kalo The Raid nya aja bagus banget gini, I'm so gonna watch the next movies!!
And I must say, this is the best Indonesian film so far in 2012!
Bravolah film Indonesia. Yay!!





1 comment:

ARYOJATI ARDIPANDANTO said...

Paling pengen ketawa pada kalimat yg menyatakan bahwa Kang Yayan penampilannya ala tukang baso keliling.
Ha ha ha........