Monday, November 21, 2011

Final Sepakbola SEA GAMES 2011

Malam ini semua mata akan tertuju ke RCTI, sebagai official media partner penyelenggaraan SEA GAMES 2011. Kenapa? Karena final sepakbola akan dilangsungkan malam ini, kira-kira beberapa menit lagi. Lebih istimewa (atau lebih panas lagi? Hehe), final sepakbola malam ini antara negara kita tercinta, Indonesia vs negara tetangga kita yang loved but hated dan hated but loved, Malaysia.

Sejak kemarin, media udah panas aja. Memang, Indonesia bermasalah dengan Malaysia bukan Cuma kali ini aja. TKI, perebutan pulau dan wilayah, pembantaian orangutan, dan sejumlah persoalan lainnya (oh ya, jangan lupa soal Manohara. Hehe..). Bagai tetangga yang saling bersebelahan di satu komplek, yang sering berantem, begitu jugalah Indonesia dan Malaysia ini. Makanya, sebagian besar orang (termasuk saya) berpendapat bahwa malam ini kita harus MENANG! Walaupun juara umum SEA GAMES udah pasti di tangan, tapi seakan kurang lengkap tanpa medali emas dari cabang sepakbola.

Tapi ada hal yang bikin gak enak. Setiap kali lagu kebangsaan negara lain sebelum bertanding dimainkan, para suporter sepakbola Indonesia akan langsung meniup terompet keras-keras, mengejek riuh, ribut, dan siapapun tau kalo ini adalah sikap tidak hormat (bahasa halus dari menghina) negara lain. Ayolah, SEA GAMES ini kan ajang lomba antar negara biar kita makin bersahabat, bukan saling mencemooh. Apa jadinya kalo atlit kita nanti bertanding di luar negeri, lagu kebangsaan kita Indonesia Raya yang selalu kita nyanyikan dengan khidmat, malah diejek negara lain? Bagaimana kalo kita ada di posisi para suporter negara lain itu?

Hormatilah orang lain seperti kita ingin dihormati. Hormatilah lagu kebangsaan negara lain seperti kita ingin lagu kebangsaan kita dihormati.

Selamat bertanding Timnas U23 Indonesia. Kalah-menang, kalian tetap membuat kami bangga.

No comments: