Sunday, August 14, 2016

Memberikan ASIP-Tanpa Dot.

Waduh, apa bisa tanpa dot? Bukannya selama ini kalo mau kasih asip itu wajib pake dot?

Hmmm..siapa bilang? *smirk*

Semalam Aga dan Agi ikut ke kampus lagi. Tapi kali ini bawa persiapan ASIP, biar pas Aga rewel, bisa dikasih ini dulu nunggu mama siap bimbingan tesis. Jadii..paginya kami belajar dulu. ✌🏽️
Ini perintilannya:

*botol asip + medicine feeder*

- botol ASIP Tomme tippee 
Isi: 60cc, bpa free, bisa disterilkan. Ini bisa sekalian jadi cup feeder juga. Sekali bayi minum ya rata-rata segini, jadi kita gak susah lagi tuang-tuang ya langsung dari sini aja minumnya. Atau, kalo yang kali ini aku ajarkan ke mbaknya Aga, ambil dari sini saat mau dikasih asipnya.

Kasih asipnya pake ini:
*medicine feeder atau bisa juga untuk kasih ASIP*
- Medicine feeder.
Kapasitas 10cc, beda dengan medicine dropper biasa yang cuma 3cc. Karena kapasitasnya gede, jadi bisa untuk kasih asip kan. Ini bisa disterilkan juga. Walopun sebenarnya tidak perlu, cukup cuci bersih tiap kali pemakaian, lalu siram air panas kalo mau dipakai. 

Kedua peralatan ini aku beli di Shopee ID.

Dan..inilah hasil dari belajar kasih asip, 1st attempt:

- cupfeeding pake botol asip Tommee Tippee 





Awalnya ya standarlah, Aga protes dan rewel trus tenang, trus protes lagi, tapi overall he's good. Enaknya pake cup gini, ujung lebar, bisa masuk ke mulutnya, lalu tinggal miringin dikit dan nanti lidahnya yang akan "mengambil" asip. Ingat posisi bayi harus tegak begini ya, kekep aja tangannya. Kalo dia nangis, berhenti dulu. Baru lanjut lagi. Dan jangan menyerah dan menganggap bayi gak suka dan gak bisa. Wong baru pertama kali looh.. Sabar mama..

- kasih asip dengan medicine dropper



Naah kalo pake ini mbaknya Aga lebih bisa nih. Tinggal diisep asip dari botol asip yang tadi, lalu ditetesin dikit-dikit dan  mulutnya akan aktif mendecap-decap ujung cup feeder. Lama-lama ya ludes juga asipnya. Pake ini less drama, pokoknya. 

Sooo siapa bilang itu suatu hal yang mustahal bisa memberikan asip tanpa dot. Sudah tau kan bahaya dot itu apa? Kalo belum paham, silahkan baca di sini ya, untuk bahaya dot bagi keberhasilan asi ekslusif. 

No comments: