Saturday, October 20, 2012

Menyusui Itu Susah. Tapi Pasti Bisa!

Menyusui itu ternyata susah loh. Penuh perjuangan en air mata pokoknya. Belum lagi stres karena ASI gak leuar, puting yang lecet parahg karena baby belum pinter nyusu. wuih, perjuangan banget.

Well, just to drop some tips sih..

Berikut adalah perlengkapan perang buat mama muda yang baru nyoba nyusuin (versi aku yaaa..)

1. Makan enak en banyak.
Beneran. Setelah boleh makan pedes en sop tulang, baru ASI aku jadi banyak. Jangan takut bayi jadi kepedesan, toh pedes itu bukan rasa, tapi sensasi. SOoo, gak mungkinlah bayi jadi ikut kepedesan. Hiihiiihi.

2. Breast pump Medela Harmony. 
Yakin deh, awal nyusuin itu ASI gak langsung banyak. So, pake pompa gini bisa ngebantu banget. Ini beli online di www.asibayi.com Gampang makenya, en lebih gak sakit dibanding pompa merk biasa.




 3. Botol ASIP.
Buat nyimpan ASI yang udah dipompa. Percaya deh, makin banyak ASInya.

4. Nipple Puller.
Ini buat yang nipple nya inverted kayak aku. Sempat khawatir gak bisa nyusuin karena puting tenggelam, tapi ternyata bisa. Awalnya dibantu dulu ama nipple puller ini. Gak sakit karena karetnya lembut.

 5. Nursing Apron.
Ini merk Tarafa, beli di www.asibayi.com juga. Bahannya dingin. Gunanya biar bisa nyusuin kapan aja dimana aja, tanpa harus malu. Hehehe. Niat banget pokoknya ngasih ASI ekslusif.


6. Nursing Pillow Baby Oz
Ini gunanya biar gak susah pas nyusuin, tangan gak capek. Baby juga nyaman, karena badannya ada yang sangga. Worth it untuk investasi karena busanya bisa tahan bertahun-tahun. Motifnya juga lucu-lucu.


7. BreastPad Avent
Well, sejak ASI udah mulai banyak tapi baby masih butuh dikit, mulai deh ASI keluar sendiri sampe nyeplak di baju. Malu sih. So, breast pad bakal nyerap ASI yang keluar tadi. Pakenya di dalam bra.

8. Last but not least, Daun Katu
Baru kali ini aku makan daun katu. Ternyata yaaa gitu deh rasanya. Katanya biar bisa memperbanyak ASI. Aku yang dasarnya gak suka sayur, jadi makan ini berhari-hari. Semua demi si baby.




So, new mommas. Jangan menyerah ya. Menyusui itu susah, tapi pasti bisa. I'm the living proof.
Semangat moms!

1 comment:

anas said...

Masanya sudah lewat, tinggal memanen hasilnya :)

Barakallahu fiikum