Thursday, October 6, 2011

Telur Dadar Award

Telur dadar adalah salah satu masakan paling pertama yang aku bisa masak dengan benar. Urutannya harus tepat. Pecahin telur, masukkan sejumput garam, aduk sebentar pakai garpu, panaskan minyak, tuang telur, dan naaah, di sini bagian yang penting. Kapan mesti membalik telur dan jaga supaya jangan berhamburan.

Okay, aku bukan Farah Quinn yang bisa ngasih kuliah 2 sks (1 sks tentang telur dadar, 1 sks tentang membesarkan dada) masak memasak, so let me begin this story with a day after my wedding night.

*yang ngeres udah pasang mata baik-baik nih pasti*

Kebetulan yang langka, aku nikah ama orang yang fobia/anti/enek ama telur rebus dan telur mata sapi. So, satu2nya pilihan untuk menyajikan telur buat suami tercinta adalah telur dadar. Ah, gampang kan? Kecillah, kalo cuma telur dadar aja. Masalahnya, cuma itulah masakan yang aku bisa masak menurut aturan tata laksana yang berlaku.

So, pagi hari setelah nikah, seperti biasa Eja harus sarapan jam 06.30pagi. (Biar gak kaget, sebagai ilustrasi 06.30 itu waktu aku bangun pagi). Sarapan pagi itu tebak apa. Yak, telur dadar. Aku yang buat.

Pakai telur dua. (Ya iyalah, ikaa, skip!)
Pakai daun bawang potong miring.
Pakai tomat potong dadu.
Pakai bawang merah iris bulat-bulat.
Pakai bawang putih iris tipis.
Pakai cabe merah dipotong kecil-kecil.
Pakai cabe rawit potong.

Ceeesss!!
Adonan telur dadar spesial udah dituang ke kuali. Oke, ini masalah. Kualinya belum panas, apinya aku gedein. Oh, ternyata minyaknya kebanyakan, adonan telur jadi mengambang.

Jangan menyerah, Ika.

Pinggirnya udah agak gosong, jadi aku balik telor dadarnya. Hop! Sekali balik donk, langsung bisaa *bangga*. Pinggirnya udah agak coklat, langsung aku matiin api kompor, dan angkat tuh telur dadar ke piring.

Pasti aku dipuji deh ini. Isinya banyak, macam2, wanginya udah semerbak asoi.

Eja ambil garpu, mulai motong telur. Ceesss.. Dalamnya belum mateng alias masih mentah.

*nangis*

Sejak itu aku tambah sering masak telur dadar, berkali-kali lagi kurang matang, kurang asin, kurang hambar, kurang lebar, tapi tetep Eja makan sampai habis.

Kata dia, telur dadar buatan aku juara banget. Why? Because I put love sprinkles there.

No comments: