Thursday, September 29, 2011

Situs Pelipur Lara

Udah 3 hari terakhir ini aku kunjungin situs www.bayi-tabung.com dan hampir tiap kali baca kisah mereka (yg juga berjuang untuk punya anak) aku ikutan sedih dan nangis. Kisah mereka yang berjuang untuk hamil, beberapa kali ikut bayi tabung dan gagal, ada yang mencari donor telur karena ovariumnya gak ada, ada juga yg mau jadi surrogate mother (ibu pengganti) yang bersedia mengandung anak orang lain, dan ada juga yang 'menawarkan' anaknya kepada pasangan lain yg belum beruntung diberi karunia seorang anak.

Selain kisah sedih, juga banyak kisah bahagia mereka yang berhasil bayi tabung. Admin akan banyak memasang foto-foto bayi hasil bayi tabung dan sebagian besar dari mereka itu kembar. Ada juga yg kembar 3. Ah, senangnya.. Kalo liat itu, dan liat lama rata2 mereka menikah yg 5-9thn baru mencoba bayi tabung, aku kok jadi merasa 'belum' cukup usaha buat hamil alami. Usia pernikahan kami baru 1,5 tahun, dan aku udah mikirin bayi tabung. Ini penyakit gak bisa sabar emang harus aku buang jauh-jauh dari pikiran deh.

Baca kisah-kisah di sini bikin aku jadi malu sendiri kenapa selalu mengeluh, bahkan marah ama Tuhan karena aku belum dikasih keturunan juga. Seperti kisah mbak Ami, di sini yang didiagnosis menopause dini padahal umurnya masih 30 tahun dan belum punya anak. Setiap komentar di bawahnya menguatkan mbak Ami. Memang di sini support yang paling perlu. Gak kebayang kalo kejadian itu terjadi ama aku.

Atau kisah mbak Flowers di sini yang udah pake donor telur tapi gagal juga bayi tabungnya. Ada komentar di sana yang bilang anak bukan segalanya, bukan juga penentu masuk surga atau enggak, tapi mbak Flowers mau ngasih segalanya buat ngedapetin anak. Gak kebayang berapa banyak materi dan waktu yang dia keluarkan untuk bisa punya anak.

Tapi paling sedih kisah mbak Dede di sini yang kedua saluran tubanya tertutup dan rusak sehingga jalan satu-satunya hanya bayi tabung. Yang bikin sedih karena mbak Dede malah dimarahi suami, mertua, bahkan orang tuanya sendiri. Padahal bukan maunya dia buat sakit kayak gitu kan.. Hanya mereka yang berpikiran pendek yang malah menyalahkan mbak dede ini. Makanya kisah mbak dede ini sedih banget..

Situs ini aku bilang situs pelipur lara. Kenapa? Karena aku jadi tau "penderitaan" aku belum seberapa dibanding mbak-mbak di atas. Mereka pasti lebih ngerasa tidak beruntung, tidak ada artinya hidup, tapi mereka masih semangat banget buat berusaha. Prinsipnya, usaha sampai kita gak mampu lagi, jangan menyerah, sampai Tuhan ngasih yang terbaik buat kita pada waktunya.

Ahh..
Perjalanan kami masih panjang banget. Umur masih 25 tahun, nikah baru 1,5 tahun, rumah belum ada, mobil juga dikasih orang tua, soooo...masih banyak yang bisa kami persiapkan buat si calon anak nanti. Biar pas dia hadir, gak kesusahan, gak kurang apapun, en kami lebih siap.

Allah pasti tau kapan kami lebih siap buat punya anak.

No comments: